images

Arti Simbol Kemasan Produk di Gudang Farmasi (Pat III)

KFTD – Kode atau simbol yang biasanya ada di kemasan produk sering mengudang tanda tanya. Simbol-simbol tersebut berfungsi untuk memberi ‘sinyal’ kepada petugas logistik mengenai penanganan distribusi dan penyimpanan produk.

Dua pekan terakhir, telah dibahas arti simbol kemasan dalam part I dan part II. Nah, di artikel ini akan dikulik 8 kode kemasan lainnya. Jadi part terakhir nih!

Ini dia 8 arti simbol kemasan produk farmasi yang tercantum dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB).

1. Buka dengan tarikan


Produk farmasi dengan kode ini sebenarnya tak hanya ditujukan untuk petugas logistik, namun juga ditujukan kepada konsumen akhir.

Jadi, untuk Anda yang bingung bagaimana cara membuka produknya, kode tersebut memberi arahan untuk menarik kemasan penutupnya.

2. Heavy

 

Kode heavy menandakan bahwa produk farmasi yang dimaksud memiliki beban yang sangat berat. Sehingga petugas logistik maupun konsumen tidak dianjurkan untuk mengangkatnya langsung.

Barang dengan kode ini harus dipindahkan dengan bantuan alat. Jangan coba-coba mengangkatnya langsung ya, sebab bisa membuat tulang manusia cedera.

3. Tidak boleh ditumpuk


Beberapa produk farmasi bisa ditumpuk namun dengan batas maksimal beban. Tapi jika yang Anda temukan simbol di atas, artinya barang tidak dapat ditumpuk dengan beban berat sekecil apa pun.

Produk yang tidak boleh ditumpuk biasanya adalah yang mudah hancur, barang mudah tumpah, pecah belah, bahkan beracun. Sehingga rawan membahayakan jika jatuh ke bawah akibat tumpukan.

4. Tidak boleh dijepit


Sejumlah produk farmasi juga cukup rawan rusak jika dikenai tekanan dari arah horizontal. Dengan kata lain, dengan simbol ini tidak boleh dijepit.

5. Mudah terbakar


Hati-hati dengan barang yang memiliki kode di atas. Sebab produk farmasi di dalamnya berisi cairan yang mudah terbakar.

Jangan sampai membuat barang ini tumpah dan mengenai sesuatu yang memantik api. Hindarkan juga dari matahari langsung untuk menghindari risiko terbakar.

6. Dapat didaur ulang


Jika mendapati produk farmasi dengan logo ini maka artinya Anda bisa mendaur ulang limbahnya. Kembangkan pikiran kreatif Anda ya.

7. Menyebabkan korosi


Jauhkan alat-alat kesehatan berbahan logam dari produk yang memiliki simbol ini. Sebab, simbol ini menunjukkan bahwa produk farmasi di dalamnya dapat menyebabkan korosi. Sangat berbahaya kaena bisa mencederai anggota tubuh juga.

8. Bahan radioaktif


Produk farmasi dengan simbol radioaktif memiliki pancaran energi. Misalnya produk instrument X-ray dan lain-lain. Efek dari bahan radioaktif bisa menimbulkan risiko kanker.


Content Writer: Rida Ayu Nabila K
Graphic Design: Ayuni WIdya K