images

Jenis-jenis Cairan Infus yang Digunakan di Rumah Sakit Check!

KFTD – Dalam dunia medis, cairan infus digunakan untuk perawatan pasien yang kehilangan cairan dan zat-zat makanan dalam tubuh. Cara penggunaan cairan infus dimasukkan dengan bantuan jarum suntik.

For your information, cairan infus diproduksi dengan berbagai jenis lho. Cari tahu yuk jenis-jenis infus yang ada di rumah sakit dan kegunaanya.

Cairan Kristaloid

Cairan Kristaloid mengandung natrium klorida, natrium glukonat, natrium asetat, kalium klorida, magnesium klorida, dan glukosa. Cairan kristaloid sendiri terdiri dari beberapa varian.

1. Cairan saline

Cairan saline mengandung natrium klorida 0,9 persen dan natrium klorida 0,45 persen yang larut di dalam air. Kegunaan cairan ini adalah mengoreksi keseimbangan elektrolit yang bisa disebabkan muntah, diare, pendarahan, dan lain-lain.

2. Ringer laktat

Ringer laktat adalah cairan infus yang mengandung kalsium, kalium, laktat, natrium, klorida, dan air. Cairan ini digunakan untuk menggantikan cairan tubuh saat luka, cedera, hingga kehilangan darah pasca operasi.

3. Dextrose

Diproduksi dengan gula sederhana membuat cairan infus dextrose ampuh meningkatkan kadar gula darah pasien di rumah sakit. Cairan ini sering digunakan pada pasien yang mengalami hipoglikemia (gula darah rendah) dan hyperkalemia (kadar kalium tinggi).

Cairan Koloid

Cairan koloid memiliki molekul yang lebih berat dan diberikan pada pasien yang menderita sakit kritis. Bermanfaat juga untuk pasien yang melakukan tindakan bedah, dan pasien yang membutuhkan tranfusi darah.

1. Gelatin

Jenis cairan infus gelatin mengandung protein hewani. Sehingga mampu mengatasi keadaan kurangnya volume darah pada pasien yang kehilangan banyak daerah.

2. Albumin

Cairan infus albumin digunakan untuk pasien yang kadar albuminnya rendah. Albumin yang rendah biasanya dialami oleh pasien pasca operasi transplantasi hati, luka bakar, dan pasien sepsis.

3. Dekstran

Dekstran merupakan infus yang mengandung polimer glukosa. Digunakan untuk memulihkan kondisi kehilangan darah dan mencegah tromboemboli pasca operasi.

Sedang mencari distributor infus?

PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) sebagai perusahaan layanan distribusi dan perdagangan farmasi menyediakan kebutuhan farmasi hingga alat kesehatan untuk rumah sakit hingga outlet.

Anda bisa memesan produk infus untuk layanan kesehatan ke Kantor Cabang KFTD terdekat. Dapatkan harga dan fasilitas terbaik dari kami.


Content Writer: Rida Ayu Nabila K